Profil Kurikulum


Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Kegunaan Profil Pelajar Pancasila

  • Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan;
  • Menjadi panduan pengembangan karakter bagi pendidik dan pelajar Indonesia;
  • Tujuan akhir seluruh  pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan.

Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia:

  1. akhlak beragama; 
  2. akhlak pribadi;
  3. akhlak kepada manusia;
  4. akhlak kepada alam; dan
  5. akhlak bernegara.

Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai sehingga karakter positif dapat berkembang dan juga tumbuhnya budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi:

  1. mengenal dan menghargai budaya;
  2. kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama; dan
  3. refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari:

  1. kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi; serta
  2. regulasi diri.

Bergotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah:

  1. kolaborasi,
  2. kepedulian, dan
  3. berbagi.

Bernalar kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah:

  1. memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,
  2. menganalisis dan mengevaluasi penalaran,
  3. merefleksikan pemikiran dan proses berpikir, dan
  4. mengambil keputusan.

Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari:

  1. menghasilkan gagasan yang orisinal, serta
  2. menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.


Image

Youtube Official SD HT

Image

instagram SD Plus Hang Tuah 6

Image

Tiktok

Image

SEPUTAR PPDB 2025/2026

Image

FACEBOOK

Yang ingin mengetahui semua kegiatan sekolah kami silahkan kunjungi media sosial resmi SD Plus Hang Tuah 6 Jakarta, Jangan lupa like, subcribe dan komen ya.